Cloud Storage 


Penyimpanan cloud adalah penyimpanan file di cloud (online). Alih-alih menyimpan file di hard drive lokal, hard drive eksternal, atau flash drive, Anda dapat menyimpannya secara online.


Ada beberapa alasan untuk menggunakan layanan penyimpanan cloud. Mungkin hard drive lokal Anda kehabisan ruang disk, dalam hal ini Anda dapat menggunakan cloud sebagai penyimpanan tambahan. Jika Anda ingin dapat melakukan streaming koleksi musik Anda dari mana saja, akses file kantor Anda di rumah, bagikan dengan mudah video liburan, dll., Anda dapat mengunggah file Anda secara online ke layanan penyimpanan cloud. Alasan lain untuk menggunakan penyimpanan cloud adalah jika Anda ingin menjaga file penting tetap aman di belakang kata sandi dan enkripsi.


Singkatnya, penyimpanan cloud bermanfaat tidak hanya ketika datang ke cadangan tetapi juga untuk keamanan dan kemampuan untuk dengan mudah berbagi file dengan orang lain atau mengaksesnya sendiri dari mana saja: ponsel, tablet, atau komputer lain.

Cara Kerja Penyimpanan Cloud

Saat Anda mengunggah file ke internet dan file itu ada di sana untuk jangka waktu yang lama, itu dianggap sebagai penyimpanan cloud. Jenis penyimpanan cloud yang paling sederhana adalah mengunggah sesuatu ke server dan memiliki kemampuan untuk mengambilnya kembali jika Anda mau.

Layanan penyimpanan cloud yang memiliki reputasi baik melindungi file di balik enkripsi dan mengharuskan Anda memasukkan kata sandi agar dapat mengakses file. Sebagian besar waktu, akun penyimpanan cloud juga dapat dilindungi di belakang otentikasi dua faktor, sehingga siapa pun yang ingin akses ke file Anda harus mengetahui tidak hanya kata sandi tetapi kode lain yang dikirimkan ke ponsel Anda berdasarkan permintaan login.


Sebagian besar layanan penyimpanan cloud memungkinkan Anda mengunggah semua jenis file: video, gambar, dokumen, musik, atau apa pun. Namun, beberapa terbatas hanya menerima jenis file tertentu, seperti hanya gambar atau musik. Layanan penyimpanan cloud biasanya cukup jelas tentang apa yang diizinkan dan apa yang tidak.

Layanan penyimpanan cloud yang berbeda memungkinkan Anda mengunggah file ke akun online Anda melalui metode yang berbeda. Beberapa hanya mendukung unggahan dalam peramban, artinya Anda harus masuk ke situs web layanan penyimpanan cloud untuk mengunggah data Anda, tetapi sebagian besar memiliki aplikasi desktop yang membuat mengunggah file lebih mudah dengan cara drag-and-drop sederhana ke dalam folder khusus layanan. Sebagian besar juga mendukung pengunggahan gambar dan video dari ponsel Anda.


Yang kurang umum adalah layanan penyimpanan cloud torrent yang merupakan klien torrent online yang tidak hanya memungkinkan Anda mengunduh torrent dari browser Anda, tetapi juga menyimpan file Anda di akun online Anda untuk streaming atau mengunduh nanti.

Setelah file Anda disimpan online, tergantung pada bagaimana layanan ini bekerja, fitur yang Anda dapatkan mungkin termasuk kemampuan untuk streaming video dan musik, mengakses file dari perangkat seluler Anda, dengan mudah berbagi file dengan orang lain melalui tautan berbagi khusus, unduh mengembalikan file ke komputer Anda, menghapusnya untuk mengosongkan ruang di akun Anda, mengenkripsi mereka sehingga bahkan layanan tidak dapat melihatnya, dan banyak lagi.

Cloud Storage vs. Cloud Backup

Penyimpanan cloud dan cadangan cloud mudah dikacaukan. Keduanya berfungsi sama dan memiliki hasil akhir yang serupa: file disimpan secara online. Tetapi ada dua alasan yang sangat berbeda untuk menggunakan layanan ini, dan mengetahui perbedaannya adalah penting sehingga Anda tahu mana yang harus dipilih untuk situasi Anda send
iri.


Penyimpanan cloud adalah prosedur pencadangan selektif tempat Anda memilih file mana yang akan disimpan secara online, dan kemudian Anda mengirimnya ke akun online Anda. Saat Anda menghapus file di komputer yang Anda buat cadangannya secara online, file tersebut masih ada di akun penyimpanan cloud Anda karena tidak lagi terikat dengan komputer Anda; hanya satu file yang Anda unggah secara online.

Cloud backup adalah ketika Anda menginstal program di komputer Anda dan memerintahkannya untuk menyimpan file tertentu secara online. Selangkah lebih maju dari penyimpanan cloud, layanan cadangan juga akan mengunggah setiap perubahan yang Anda buat ke file sehingga versi saat ini selalu disimpan secara online. Dengan kata lain, jika Anda menghapus file dari komputer Anda, itu mungkin juga akan dihapus dari akun cadangan online Anda, dan jika Anda mengubah file di komputer Anda, versi online juga berubah.

Layanan cadangan sangat bagus jika Anda ingin selalu menyimpan banyak file yang didukung secara online. Jika komputer Anda tiba-tiba berhenti bekerja, Anda dapat memulihkan semua file itu di komputer baru atau hard drive lain, dan Anda akan mendapatkan salinan yang sama seperti saat terakhir kali program cadangan menyimpan file-file tersebut secara online.

Layanan penyimpanan cloud kurang praktis sebagai solusi pencadangan yang selalu aktif dan lebih bermanfaat sebagai cara untuk membuat cadangan file tertentu yang Anda ingin memiliki akses dari mana saja atau berbagi dengan orang lain. Versi file di akun penyimpanan cloud sama dengan versi yang Anda unggah, terlepas dari apakah Anda mengubahnya di komputer Anda. Seperti cadangan online, Anda masih dapat mengunduh file lagi jika perlu, seperti jika komputer Anda mogok.

Komentar